Recents in Beach

Kampanye Akbar Jokowi-Ma’ruf di GBK Bakal di Bagi Tiga Ring



KAMISKOTCOM– Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin akan menggelar kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (13/4/2019). Kampanye akbar ini akan dihadiri massa pendukung yang terkonsentrasi di dalam dan luar area GBK.

Selain diisi oleh konser yang digagas sejumlah musisi, seniman, dan 500 artis, kampanye juga akan dimeriahkan oleh festival kuliner nusantara. Untuk mengatur itu semua, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Paulus, mengatakan, massa pendukung akan dibagi ke dalam tiga ring, yaitu ring dalam stadion, ring luar stadion, dan ring lingkar jalan luar GBK.

“Tanggal 13 itu (areanya) dibagi tiga ring. Ring pertama dalam GBK. Ring kedua itu di luar GBK dalam pagar, sebelum jalan. Dan ring Ketiga pada jalan,” kata Lodewijk di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin, (8/4/2019).

Ring pertama akan difungsikan untuk panggung utama kampanye akbar. Sementara ring kedua untuk area festival kuliner nusantara. Lalu, di ring terluar, diatur untuk menampung para kader partai koalisi (PDIP, Golkar, PKB, PSI, Perindo, PPP, PBB dan Hanura).

“Pada ring tiga nanti juga akan menghadirkan para kader partai, mulai nanti dari Bundaran Hotel Indonesia sampai nanti ke Patung Pemuda Senayan. Kemudian seputaran dari GBK, itu dari Semanggi kemudian terus ke TVRI, TVRI kemudian ke hotel Mulia, Asia Afrika, sampai ke Hotel Century,” rinci Lodewijk.
“Kita sudah membagi, sektor-sektor Golkar di mana, PDIP di mana, Nasdem dan lain sebagainya kita sudah bagi,” terang Lodewijk.

Terkait setelan warna putih yang diserukan Jokowi, Lodewijk mengatakan seruan tersebut bermakna pelaksanaan pemilu damai.
“Kenapa putih, kata dia, di situ terkandung niat bahwa pemilu ini dilakukan dengan hati yang bersih, kemudian tulus kilas dan damai,” tuturnya.

“Diharapkan tentunya di GBK, kita akan putihkan GBK, sesuai apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi,” imbuhnya lagi.
Lodewijk juga mengimbau massa pendukung untuk datang menggunakan angkutan umum. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa kedatangan simpatisan bukan karena pengerahan secara masif, melainkan karena keinginan sendiri.

“Kader-kader kita atau pun simpatisan itu diharapkan datang dengan menggunakan kendaraan umum. Jadi tidak ada pengerahan yang masif. Tapi biarlah mereka datang mengalir dengan kesadaran sendiri, untuk menghadiri kampanye akbar,” tutur Lodewijk.

Inisiator konser, Abdee ‘Slank’, sebelumnya menyebut sudah ada 380 ribu orang yang mendaftar mengikuti kampanye tersebut. Abdee memastikan jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Namun menurutnya, jumlah peserta yang hadir diperkirakan akan lebih sedikit dari total peserta yang mendaftar.
“Dari panitia mungkin yang akan hadir sepertiganyalah. 

GBK itu jumlah penonton normalnya sekitar 120 ribu orang dengan kepadatan 4 orang per meter. Kalau terpakai semua sudut mungkin 150 ribu orang,” ujar Abdee. Di kesempatan yang sama, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Arya Sinulingga, mengatakan, konsep kampanye akbar Jokowi-Ma’ruf di SUGBK akan menghadirkan suasana yang inklusif atau terbuka. Semua masyarakat dari berbagai kalangan boleh ikut serta meramaikan.

“Yang pasti keberagaman pada kampanye akbar Pak Jokowi-Kiai Maruf di GBK tanggal 13 besok akan kami tampilkan, ya. Intinya kita memastikan acara kita gembira dan semua rakyat bisa terlibat apapun sukunya, apapun agamanya, apapun pekerjaannya, semuanya akan bersatu dengan bersama-sama,” terang Arya.


Posting Komentar

0 Komentar