Recents in Beach

Jokowi Janji Gandeng Buruh untuk Revisi PP Pengupahan



KAMISKOTCOM,Capres 01 Joko Widodo (Jokowi) berjanji menggandeng Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dalam merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 tentang Pengupahan.

Namun, Jokowi tak menjelaskan secara rinci bagian mana di dalam aturan tersebut yang akan direvisi. Hal tersebut akan dilakukannya jika terpilih di Pilpres 2019.

"Yang ingin saya sampaikan ke seluruh pekerja, nanti (kita) bikin tim bersama KSPSI untuk merevisi PP 78. Kita bicara bareng-bareng, duduk satu meja, yang setuju angkat jari," kata Jokowi saat bertemu relawan dari kalangan buruh di Graha Budaya Sabilulungan, Jawa Barat, Selasa (9/4).

Jokowi selanjutnya memaparkan dimasa pemerintahnya telah membangun beberapa perumahan murah untuk para buruh.Ia menegaskan akan melanjutkan program pembangunan tersebut jika terpilih menjadi presiden periode 2019-2024.

"Kita mulai pembangunan rumah murah untuk pekerja, buruh, saya sudah tinjau beberapa lokasi yang dihuni pekerja. Ini akan kita lanjutkan dalam jumlah lebih besar, ini penting sekali," kata Jokowi.

Tak cuma menyinggung soal aturan pengupahan, Jokowi juga menyampaikan komitmennya tentang perlindungan TKI. Di hadapan para relawan buruh, Jokowi lalu menyinggung pembebasan Siti Aisyah yang bebas dari hukuman mati di Malaysia.

"Kita itu banyak masalah TKI, namun yakinlah bahwa negara ingin memberikan perlindungan bagi WNI, baik di Hongkong, Taiwan, Malaysia, Saudi, dan di tempat lainnya," kata Jokowi.

Ia kemudian mencontohkan kasus Siti Aisyah yang lolos dari hukuman mati di Malaysia usai dituduh membunuh Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara. Dalam kasus itu, Jokowi mengatakan pemerintah memberikan pendampingan terus menerus.

"Kemarin ada butuh migran kita yang lolos dari hukuman mati. Siapa? Siti Aisyah. Memang masih banyak pekerja di luar negeri yang terkena masalah hukum, ini tanggung jawab negara untuk terus medampingi.

Seperti Siti Aisyah, kami terus dampingi, memang ada yang bisa kita tolong dan ada yang sulit, ini fakta yang harus saya sampaikan," jelasnya.


Posting Komentar

0 Komentar