Recents in Beach

Pernah Berseteru, Akhirnya Gus Ipul dan Khafifah Sepakat Dukung Jokowi.


KAMISKOTCOM, Malang - Tiga orang yang pernah bertarung di tiga Pilgub Jawa Timur (2008, 2013, dan 2018) bersatu mendukung Paslon 01 di Pilpres 17 April 2019, Joko Widodo ( Jokowi)-KH Ma’ruf Amin. Mereka adalah mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Soekarwo-Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Bersatunya tiga tokoh ini di barisan 01, diungkap Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko di Surabaya usai menghadiri acara Silaturahmi Ulama NU se-Jawa Timur. "Saya pikir indikatornya sudah jelas," ucapnya, Sabtu (9/3).
Bahkan, purnawiran jenderal TNI yang juga kepala Staf Presiden ini mengaku cukup yakin kalau Gus Ipul yang pada 2014 lalu mendukung Prabowwo Subianto, kini merapat ke petahana dan sudah melakukan komunikasi.

"Udah-udah (komunikasi), jadi figur-figur itu (Soekarwo, Gus Ipul, dan Khofifah) memberikan indikator yang sangat jelas ke mana suara akan disampaikan," tegasnya.

Dengan bersatunya ketiga tokoh ini, Moeldoko juga yakin kalau Jokowi-Ma'ruf bakal memperoleh kemenangan signifikan di Jawa Timur saat Pilpres 17 April mendatang, khususnya dari Soekarwo. "Oh ya pasti (perolehan suaranya) signifikan, sangat signifikan ya," yakinnya.

Pun demikian yang disampaikan mantan pendukung Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno di Pilgub Jawa Timur 2018, KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan (Gus Fahrur) saat menggelar konferensi pers terkait Seruan Alim Ulama dan Pengasuh Pondok Pesantren untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf, serta memerangi hoaks dan ujaran kebencian.

Seruan untuk mendukung Paslon 01 ini digelar Gus Fahrur bersama beberapa kiai se-Jawa Timur usai acara Silaturahmi Ulama NU se-Jawa Timur bubar. "Sudah fixed, beliau berdua, mantan gubernur dan wakil gubernur (Soekarwo-Gus Ipul) mendukung 01," ucap Gus Fahrur memastikan dukungan Gus Ipul ke Jokowi-Ma'ruf.

"Kami bersyukur pasangan gubernur dan wakil gubernur baru, Ibu Khofifah dan Mas Emil beserta pasangan gubernur-wakil gubernur lama, Pakde Karwo (Soekarwo)-Gus Ipul bersatu memenangkan Jokowi-KH Ma'ruf Amin," sambung Pengasuh Ponpes An-Nur Bululawang Malang ini.

Seperti diketahui, di dua edisi Pilgub Jawa Timur, yaitu 2008 dan 2013, pasangan Soekarwo-Gus Ipul berhasil menyingkirkan Khofifah. Kemudian di 2018, Ketum PP Muslimat NU itu kembali maju bersama Emil Elestianto Dardak. Kali ini hanya melawan Gus Ipul.

Di edisi 2018 ini, hubungan Soekarwo-Gus Ipul sempat tegang, karena Pakde Karwo (sapaan Soekarwo) yang notabenenya ketua DPD Demokrat Jawa Timur mendukung Khofifah-Emil.

Namun, hubungan Khofifah dan Gus Ipul akhirnya mencair menjelang pelantikan Khofifah-Emil sebagai gubernur dan wakil gubernur. Bahkan, Gus Ipul sempat bersilaturahmi ke kediaman Khofifah. Selanjutnya, bersama-sama mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Termasuk Soekarwo meski partainya mendukung Paslon 02, Prabowo-Sandiaga.

Posting Komentar

0 Komentar