Recents in Beach

Tanah Yang Dikuasai “Juragan Kuda” 5 Kali Luas DKI Jakarta


KAMISKOTCOM, Jakarta- Kandidat presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut rivalnya, Prabowo Subianto, menguasai ratusan ribu hektar lahan di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

"Pak Prabowo memiliki lahan sangat luas di Kalimantan Timur 220.000 hektar. Juga di Aceh Tengah 120.000 hektar," ungkap Jokowi saat debat Pilpres kedua di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019) malam.

Bila dibandingkan dengan luas Jakarta, total 340.000 lahan yang dikuasai Prabowo yang terungkap dalam debat, lebih kurang setara lima kali luas ibu kota Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, luas wilayah DKI mencapai 662,33 kilometer.

Adapun 1 hektar lahan setara dengan dengan 0,01 kilometer persegi. Artinya, 340.000 hektar lahan ekuivalen 3.400 kilometer persegi.

Dalam debat semalam, Prabowo tak menampik, data yang diungkapkan Jokowi. Namun, data yang diakui Ketua Umum Partai Gerindra itu hanyalah penguasaan lahan di Kalimantan Timur.

Sementara untuk lahan di di Aceh Tengah, ia tak mengakuinya secara langsung. Ia hanya menyebut, menguasai beberapa lahan di beberapa lokasi.

"Saya minta izin, tadi disinggung tentang tanah yang katanya kita kuasai di berbagai tempat. Itu benar. Tapi itu adalah hak guna usaha (HGU), itu adalah milik negara," kata Prabowo.

Ia menilai, penguasaan lahan tersebut lebih baik jatuh ke tangan bangsa sendiri dari pada tangan asing.

"Tapi dari pada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola," kata dia.

Kendati demikian, Prabowo mengaku, siap untuk menyerahkan lahan tersebut kembali ke negara bila sewaktu-waktu akan diambil.

Posting Komentar

0 Komentar