Recents in Beach

Jaksa Siap Bongkar Aktor di Balik Kasus Ratna Sarumpaet


KAMISKOTCOM, Jakarta—Tersangka kasus penyebaran berita bohong (hoaks), Ratna Sarumpaet, mulai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (28/2), sekitar pukul 09.00 WIB.

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Warih Sadono, pihaknya sudah siap untuk menghadapi sidang perdana Ratna dan membeberkan fakta-fakta terkait dengan informasi bohong itu.

“Tentu kita sudah siap, kita lihat nanti, kita tunggu,” kata Warih di Jakarta, kemarin. Ia menegaskan jaksa telah melimpahkan berkas dakwaan Ratna ke PN Jaksel dalam satu berkas. Tentu, jaksa akan membongkar semua perbuatan yang dilakukan Ratna dalam proses persidangan.

“Beres, sudah dilimpahkan. Kita siap. Nanti kita buka perbuatannya bagaimana, di sana kita kemukakan. Kalau saya buka di sini, nanti enggak seru di sananya,” elaknya.

Majelis hakim yang akan menangani persidangan perkara Ratna dipimpin Wakil Ketua PN Jaksel Joni dengan dua hakim anggota, yakni Krisnugroho dan Mery Taat Anggarasih.

Adapun jaksa penuntut umumnya terdiri atas empat orang, yaitu Arya Wicaksana, Sarwoto, Donny M Sany, serta Las Maria Siregar. Kasus hoaks Ratna bermula dari foto lebam wajahnya yang beredar di media sosial.

Sejumlah tokoh mengatakan Ratna dipukuli orang tak dikenal di Bandung, Jawa Barat. Namun, Ratna mengklarifi kasi berita penganiayaan terhadap dirinya itu bohong. Dia mengaku mukanya lebam sehabis menjalani operasi plastik.

Atas kebohongan itu, Ratna dijerat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Sebelumnya, Kepala PN Jaksel Supardi di Jakarta, Kamis (21/2), membenarkan perkara Ratna segera disidangkan. “Dakwaan sudah rampung,” katanya. Ratna ditangkap di Bandara Soekarno- Hatta pada Kamis (4/10) malam ketika hendak ke luar negeri. (Ata/P-2)

Posting Komentar

0 Komentar