Recents in Beach

Ini Sikap Politik UAS Setelah Bertemu Sesepuh NU, Mbah Moen dan Habib Luthfi


KAMISKOTCOM, Jakarta—Akun Twitter resmi Nahdlatul Ulama (NU) membenarkan kabar bahwa Ustaz Abdul Somad atau biasa dipanggil UAS berkunjung ke kediaman Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (8/2) sore.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Luthfi, yang menjabat Rois Aam Jatman NU, menyambut kedatangan UAS beserta rombongannya, termasuk Ustaz Arif Hasanul Muna dan Ustaz Afifudin dari Jombang.

Berita itu dilansir di sejumlah situs dan akun media sosial yang berafiliasi ke NU, misalnya situs Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota.

Akun resmi NU @nahdlatululama memuat foto UAS yang sedang bersalaman dengan Habib Luthfi, disertai tulisan: "Ustadz Abdul Shomad (UAS) ber-baiat thoriqoh Qodliriyah wa Naqsyabandiyah kepada Mursyid, Habib Luthfi bin Yahya (Rois aam JATMAN NU), hari ini di Pekalongan, Jawa Tengah."

Artinya kurang lebih seorang murid yang dilantik oleh mursyid atau guru dalam upayanya mendalami thoriqoh -- salah satu tingkatan spiritualitas dalam Islam. Namun tentu, UAS yang juga memiliki banyak pengikut bukan murid dalam makna yang biasa.

Pertemuan disebutkan sangat eksklusif dan dua tokoh itu berbincang sebagian besar menggunakan Bahasa Arab.

Tetapi disebutkan bahwa Luthfi berpesan kepada UAS untuk meningkatkan strategi dakwah dan memperkuat akidah ahlussunnah waljamaah an-nahdliyah sehingga NU menjadi terdepan di masa yang akan datang.

Dengan kata lain, UAS dianggap sebagai bagian penting dari keluarga NU.

Selain itu, situs NU Jepara menyebutkan UAS mendapatkan gelar panggilan Syekh dari Luthfi, sehingga namanya menjadi Syekh Abdul Somad, "menghilangkan panggilan ustaz yang lumrahnya sering digunakan oleh golongan Wahabi".

Dalam konteks politik sekarang, pertemuan itu punya makna penting. UAS sebelumnya diajukan oleh Ijtima Ulama di Jakarta sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Sementara itu, Luthfi beberapa kali bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan terang-terangan menunjukkan hubungan persahabatan mereka. Luthfi misalnya pernah mengatakan dia bersahabat dengan Jokowi sejak masih menjabat wali kota Solo.

Uniknya, baik UAS maupun Luthfi tak pernah secara terbuka menunjukkan dukungan politik mereka kepada masing-masing calon presiden.

Posting Komentar

0 Komentar