Recents in Beach

Viral, Tim Sandi Makan 'Poteng' Tidak Bayar, Tempatnya Juga Dibawa Pergi



KAMISKOTCOM, Bantaeng, Sulsel, (Tagar 31/12/2018) - Penjual 'Poteng' makanan tradisional Sulawesi Selatan, bernama Ibu Zaenab menjadi viral di media sosial khususnya di Kabupaten Bantaeng.

Ibu Zaenab viral setelah video dirinya diunggah ke Facebook oleh akun atas nama Bolbakmars, dimana dalam video tersebut Zaenab mengaku jualannya tidak dibayar setelah dimakan oleh tim Sandiaga Uno saat berkunjung ke Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, Selasa (25/12) lalu.

Mirisnya lagi, setelah dimakan, tempat jualannya juga malah dibawa pergi oleh tim Sandiaga Uno.

Dalam video berdurasi dua menit tersebut, Zaenab mengaku warga Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan

"Potengku tidak na bayarki (tidak dibayar) langsung ji na bawa pergi (langsung dibawa pergi). Saya bilang kasih turun itu Potengku kalau tidak mau bayar," ujar Zaenab dengan dialeg Makassar yang sangat kental.

Zaenab juga heran, kenapa tempatnya juga dibawa pergi, seharusnya kalau mereka tidak mau bayar 'potengnya', paling tidak tempatnya saja yang dibayar.

"Janganmi dibayar Potengnya, bayarmi tempatnya. Saya minta bayar Rp 100 ribu tapi mereka saling tunjuk, padahal penjual poteng bukan hanya saya, kenapa potengku tidak na bayar," terang Zaenab dalam video.

"Saya sudah keliling, siapami yang bayar potengku, padahal na bilang nanti yang di belakang yang bayar. Saya juga sudah minta sama timnya, tapi mereka saling tunjuk. Karena tidak ada yang mau bayar makanya biarmi, janganmi bayar. Hilangmi itu suaranya, apalagi banyak penjual poteng marah. Mereka bilang kenapa potengnya diambil dengan tempatnya baru tidak dibayar," ujarnya sedih.

Ciutan Zaenab tersebut dikomentari netizen, kebanyakan menyayangkan kelakuan tim Sandiaga Uno tersebut.

"Koar2nya mau sejahterakan rakyat Indonesia, poteng dengan tempatnya dibawa tanpa membayarnya, padahal yg jualan rakyat kecil, bagaimana Si Sandi mau sejahterakan rakyat Indonesia.....," komentar akun atas nama Edi Abdillah.

Akun Riani Husainy menimpali, "Duitnya hbs buat bayar provokator pak ....jd buat Poteng EGP g ada untungnya buat 02.. malu2in aja kita yg org Makassar jd miris dan kasian dengar keluhan ibu yg dagang poteng."

"Wkwkwkwwk’ napakammanaa pabbalu potenga kodong’ pakasirinna," (Kenapa di kasi begitu kasihan iti penjual poteng, bikin malu saja," kata Ismawati Achmad, dalam kolom komentar.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari tim Sandiaga Uno terkait video pengakuan Ibu Zaenab tersebut.



Catatan, "Poteng" (kata orang Sunda Peuyeum) atau tape singkong. []

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kampret kan otaknya memang kebalik.
    Pahamnya mereka, adalah PEJABAT LAH YG HARUS DISEJAHTERAKAN OLEH RAKYAT JELATA.

    BalasHapus
  2. Hmmmm adu domba mulu,coba tabayun blom min ke dua belah pihak,,...jangan asal goreng

    BalasHapus