Recents in Beach

PSI: Kubu Prabowo Gelontorkan 3 Hoaks dalam 3 Hari


KAMISKOTCOM, Jakarta- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mencatat, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beserta rekan koalisinya menyebar tiga hoaks dalam tiga hari pertama di tahun 2019.

"Kami betul-betul tidak menyangka kubu sebelah se-intens ini menggunakan hoaks. Di hari ke-3 tahun 2019, kubu mereka sudah menelurkan tiga hoaks," kata Juru Bicara PSI Dedek Prayudi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/12/2018).

Hoaks pertama yakni tentang selang darah RSCM dipakai 40 kali. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Prabowo Subianto. Pihak RSCM sudah membantah pernyataan Prabowo.

Kedua, adalah Tol Cikopo Palimanan (Cipali) yang disebut oleh Sandiaga dibangun tanpa utang. Namun dalam kenyataannya, ada pinjaman yang dilakukan untuk membiayai pembangunan tol tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menjelaskan, Tol Cipali dibangun melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Terakhir, mengenai 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Isu ini sempat diunggah oleh Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief di akun Twitternya.

KPU sudah mengecek dan memastikan informasi tersebut hoaks.
Menurut Dedek, tiga hoaks ini disebarkan karena kubu Prabowo-Sandi miskin program.

"Miskinnya gagasan program pembangunan dan semakin desperate-nya kubu mereka tapi begitu ambisiusnya Pak Prabowo kami duga telah memaksa mereka untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2019 at all costs," kata dia.

Menurut Dedek, penyebaran hoaks mengarahkan peradaban demokrasi menjadi demokrasi yang penuh kebohongan dan merupakan akar dari pecah belah. Hal serupa pernah dilakukan oleh penjajah Belanda hingga ISIS.


"Kandidat politik yang bermain dengan hoaks tidak ubahnya penipu dan penghasut bagi bangsanya sendiri. Hoaks sangat berbahaya dalam peradaban berdemokrasi," kata dia.

Posting Komentar

0 Komentar