Recents in Beach

Ma'ruf Amin Bungkam Seluruh Peserta Debat


KAMISKOTCOM, Jakarta- Debat Capres-Cawapres yang pertama berlangsung meriah dan disambut riuh oleh sorak-sorai netizen yang memberikan komentar. Dari keempat peserta debat yang berlaga, tentu pendatang baru adalah KH. Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno yang masing-masing berperan sebagai Cawapres. Sedangkan Capres Jokowi maupun Prabowo sudah pernah berlaga pada periode yang lalu. 

Perdebatan berlangsung lancar dengan saling bertanya dan menyanggah oleh masing masing peserta debat. Bedanya, pasangan Prabowo-Sandi sedari awal mengaktivasi peran Sandi untuk lebih banyak bicara dan menyanggah. Netizen sempat bertanya-tanya kapan Kiai Ma'ruf Amin angkat bicara dan turut menyanggah. 

Ternyata ketika pembahasan masuk kepada tema kaum disabilitas, Ma'ruf 
Amin berkesempatan untuk melanjutkan jawaban Pak jokowi dalam durasi 25 detik. Beliau menyampaikan dengan baik tentang pentingnya menciptakan budaya untuk yang ramah untuk kaum disabilitas. Belum sempat menyitir tentang sejarah dimana Nabi juga pernah ditegur oleh Allah ketika datang kepadanya seorang Tuna Netra, waktu habis. 

Namun ketika pembahasan masuk kepada tema Korupsi dan Terorisme, Ma'ruf Amin menyampaikan pemaparan dengan mantap dan sistematis. "Terorisme bukan jihad. Bahkan dalam Agama pelaku teror wajib dihukum berat", paparnya. Ia melanjutkan bahwa penanganan terhadap terorisme akan dilakukan dengan dua strategi; 1. Pencegahan, yakni dengan kontra radikalisme dan deradikalisasi, dan 2. Penindakan, yakni untuk mereka yang sudah terpapar radikalisme. 

Paparan ini langsung diserang oleh Prabowo dengan mempertanyakan kembali bahwa bagaimana jika terorisme terjadi bukan karena paham agama yang salah, akan tetapi karen ekonomi yang lemah. 

Dengan santai dan tepat Kiai Ma'ruf Amin memberikan jawaban:

"JIKA PENYEBABNYA ADALAH PENYIMPANGAN PAHAM (INHIRAAAF), MAKA SOLUSINYA ADALAH AR RUJUU' ILAL HAQQ, DILURUSKAN KEPADA JALAN KEBENARAN. NAMUN JIKA PENYEBABNYA ADALAH EKONOMI, MAKA SOLUSINYA ADALAH DISEJAHTERAKAN". 

Jawaban ini pun disambut riuh gemuruh tepuk tangan dari hadirin. 

Posting Komentar

0 Komentar