Recents in Beach

Kiai Ma'ruf Asli Ulama dan Keturunan Ulama Sunda



KAMISKOTCOM, Purwakarta--Selain berasal dari trah ningrat Sunda, KH Ma’ruf Amin, kata Dedi, juga merupakan asli keturunan ulama. KH Ma’ruf sendiriseorang ulama dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.

Darah Syaikh Nawawi al-Bantani mengalir dalam tubuh Kiai Ma’ruf. Secara historis, hubungan Jawa Barat dengan ulama bergelar Tuan Para Ulama Hijaz itu sangat dekat.

Selain pernah berguru ke Baing Yusuf Purwakarta, murid Syaikh Nawawi juga tersebar di pelosok Jawa Barat bahkan Pulau Jawa.

“Syaikh Nawawi saat remaja pernah mengaji ke Baing Yusuf Purwakarta. Murid beliau juga tersebar. Kalau di Purwakarta, ada Tubagus Ahmad Bakrie atau Mama Sempur, Plered. Kemudian di Madura, ada Syaikhuna Kholil Bangkalan, seorang ahli Kitab Alfiyah,” ujarnya.

Kriteria lengkap tersebut, menurut Dedi, menjadikan Kiai Ma’ruf layak mendampingi Presiden Joko Widodo. Menurut Dedi, keduanya merupakan kombinasi ulama dan umaro yang cocok untuk Indonesia.

“Kapan lagi ada keturunan Syaikh Nawawi al-Bantani memimpin negeri ini, ya sekarang saatnya. Kami akan bersungguh-sungguh memenangkan beliau,” kata Dedi.




Posting Komentar

0 Komentar