Recents in Beach

Jokowi Milik Urang Sunda, Abah Ma’ruf Putera Sunda Titisan Siliwangi

KAMISKOTCOM, Bandung—Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, Dalam Pemilu tahun 2019 ini, KPU menetapkan jumlah pemilih tetap di Jawa Barat sebanyak lebih dari 32 juta pemilih. 

Artinya, hampir 20% suara nasional berada di Jawa Barat. Maka tidak heran apabila Jawa Barat merupakan daerah eksotis yang rebutan bagi setiap pasangan calon.

Sampai ada teori klasik yang mengatakan, siapa yang menguasai Jawa Barat maka peluang untuk memenangkan pertarungan akan semakin dekat.

Teman saya yang masuk anggota TKD pada waktu itu mengatakan, 'tahun 2014 lalu Jokowi tidaklah kalah di Jawa Barat, karena angka tersebut menjadi targetnya'. 

Kenapa demikian, aku bertanya kepadanya? 

Pada waktu itu, temanku melanjutkan, kita harus ingat siapa yang berkuasa, dan partai pengusungnya juga merupakan memiliki basis yang cukup kuat di Jawa Barat. Akhirnya akupun mengerti sisi lain yang tidak pernah kita tau.


Kelemahan kita pun tidak pernah melihat sisi lain yang sebenarnya, saat ini kita masih menilai Jawa Barat merupakan suara tetangga sebelah. Itu salah. Saat ini, Jawa Barat justru merupakan lumbung suara Jokowi.

Semenjak penunjukan Bah Ma'ruf Amin menjadi Wapres, secara tidak langsung telah menyelesaikan isu-isu yang berkembang di Jawa Barat. 

Walaupun berdomisili di Banten, Bah Ma'ruf merupakan putra Jawa Barat. Dalam dirinya mengalir darah Sunda.

Keberhasilan program Jokowi di lima tahun pertamanya juga di rasakan oleh masyarakat Jawa Barat. Pembangunan yang cukup pesat dan keberpihakan kepada masyarakat menjadi acuannya.

Komposisi partai pengusung pun demikian. Basis perkotaan dan pedesaan di digarap secara sungguh-sungguh oleh tim pemenangannya.

Kolaborasi antara Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi untuk wilayah pedesaaan serta perkotaan tentu menjadi kolaborasi yang menarik. 

Dari sini kita akan melihat strategi yang di gunakan oleh Jokowi dan timnya untuk memenangjan pertarungan.

Aming Soedrajat

Posting Komentar

0 Komentar