Recents in Beach

Gerobak Buku di Ciputat ini Pembawa Rezeki Ayah Satu Anak




KAMISKOTCOMCiputat— info-info menarik sisi lain kamiskot, menguak fenomena-fenomena ekonomi Kaum Miskin Kota (Kamiskot). 

Kali ini tim KAMISKOTCOM akan menceritakan kisah Bang Hendra si penjual buku di dekat kampus UIN Jakarta, tepatnya depan JNE Kampung Utan sebelah kanan es Duren Kepo yang sudah sangat terkenal itu di kalangan Mahasiswa. Kalau dari arah UIN belok kiri, ambil arah ke stasiun Pondok Ranji, 20 meter dari belokan tersebut. 

Di situ ada gerobak kecil ukuran 1,5 meter, warna hijau. Di gerobak itu lah Bang Hendra mengais rezeki untuk menafkahi anak istrinya. Ia tak berkecil hati untuk mencari sesuap nasi, selalu optimis, bahkan ia memiliki keinginan untuk menjadi distributor buku Se-Jakarta, karena ia meyakini minimnya peminat baca di Indonesia.

Baginya 90% dari 100% pengusaha dan intelektual adalah hasil wawasan mereka dari baca buku, modal mereka hanya ilmu dan yakin, ujarnya.

Usia Bang Hendra saat ini 28th, di umur yang cukup muda beliau merasa ingin berkontribusi terhadap bangsa meskipun hanya sekedar jadi pedagang kecil, gerobak buku. Hasilna yang ia dapat perhari hanya 50rb, jika dihitung bersih. Ia tetap bersyukur, dan selalu melihat kebawah, banyak masyarakat miskin yang lebih kurang mampu darinya. 

Buku-buku yang ia jual cukup terbilang sangat murah di banding buku-buku di toko lainnya, dan gerobak kecil itu menyediakan berbagai banyak buku dari mulai komik, buku sekolah, hingga buku-buku yang dibaca selevel profesor juga ada, sangat komplit. 

Memang terhitung baru ia berjualan di gerobak itu, karena sebelumnya ia hanya sebagai karyawan juga di toko buku, ia ingin menjadi starup baru dibidang distributor buku. Mudah-mudahkan usahanya semakin sukses, dan berkembang besar. 

Menurut kami, untuk mahasiswa yang kuliah di sekitaran Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan, kayaknya cocok kalau beli buku di Bang Hendra, harganya terjangkau dan kualitasnya bagus-bagus. Biasanya para kolektor buku juga nyari buku-buku lawas, kayak bukunya Pramoedya Ananta Toer, Hamka, Natsir, dan lain sebagainya semuanya tersedia di Toko Buku Sejuta Ilmu milik Bang Hendra.

Posting Komentar

0 Komentar